Tim SAR Gabungan Kembali Temukan Empat Korban Longsor Cimanggung Sumedang

0
10

Sumedang, bewarajabar.com. – Tim SAR gabungan dari berbagai unsur kembali menemukan korban longsor di Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Korban ditemukan meninggal dunia di bawah reruntuhan bangunan bercampur material tanah di sebuah rumah yang tertimbun tanah akibat longsong sususlan yang terjadi pada Sabtu malam tanggal 08 Januari lalu.

Tim SAR Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda Jawa Barat yang mengikuti evakusi korban longsor sejak hari pertama pasca terjadinya longsor sampai ini bergabung dengan unsur-unsur lainya seperti Basarnas, TNI, Polisi Kewilayahan dan Potensi SAR lainya, sedangkan Satbrimob Polda Jawa Barat melalui Batalyon A Pelopor menurunkan sebanyak 40 Pers tim SAR yang dipimpin Komandan Kompi 1 Batalyon A Pelopor AKP Yadi Kusmayadi, S.H. M.H.,

Menurut AKP Yadi, keempat korban tersebut diantaranya 3 orang berjenis kelamin laki laki dan semuanya masih anak-anak, sedangkan 1 orang lainya berjenis kelamin Perempuan dewasa. Penemuan keempat korban tersebut, berhasil dievakuasi setelah tim SAR gabungan melakukan pencarian dengan menggali material tanah longsor yang menimbun sebuah rumah, sejak pagi hingga siang hari ini.

“Tim SAR gabungan menemukan empat korban longsor dalam keadaan meninggal dunia dalam sebuah rumah. Jadi total hingga siang ini korban meninggal yang sudah berhasil di evakuasi oleh tim SAR Gabungan menjadi 40 orang,” kata AKP Yadi

Menurut AKP Yadi, korban pertama ditemukan pada pukul 09.20 WIB berjenis kelamin laki-laki dan korban masih anak-anak. Masih ditempat yang sama tim SAR gabungan kembali menemukan korban bejenis kelamin perempuan dewasa pada pukul 10.05 WIB, selanjutnya tim SAR gabungan masih fokus pencarian dititik yang sama dan hasil nya dua korban lagi berhasil di evakuasi pada pukul 11.05 WIB dan pukul 11.51 WIB kedua korban ini semua berjenis kelamin laki-laki dan masih anak-anak.

Sementara itu, Komandan Satuan Brimob Polda Jawa Barat Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., mengatakan “bahwa pihaknya akan terus membantu unsur terkait dalam membantu korban bencana longsor sampai ditetapkannya penghentian pencarian oleh pihak terkait”.

Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., menambahkan “kegiatan SAR ini merupakan salah satu bentuk Bakti Brimob Polda Jabar untuk masyarakat dalam menghadirkan Negara di tengah-tengah masyarakat”.

“Ini merupakan wujud Bhakti Brimob Polda Jabar dalam hal ini di wilayah Sumedang, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta kedekatan emosional antara Brimob dengan Masyarakat dalam membantu korban Bencana ″, ujarnya Kombes Pol. Yuri Karsono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here