Percepat Recovery UMKM Dengan KUR

0
7

BANDUNG, Wartaaktual.com – Pandemi Covid-19  berdampak pada semua kalangan saat ini tidak terkecuali kepada para pelaku UMKM, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) terus mendorong penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) klaster berbasis komoditi unggulan karena bisa menjadi solusi untuk mempercepat recovery bagi UMKM.

Demi meningkatkan akses pembiayaan KUR, bank bjb melakukan skema pembiayaan pola kemitraan berbasis kelompok. Pola kemitraan yang dibangun bank bjb atas dasar prinsip saling memerlukan, mempercayai, memperkuat, dan menguntungkan.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan, “Kemitraan ini melibatkan pelaku UMKM dan offtaker. Sehingga, prinsip keinginan untuk bertumbuh dan berkembang bersama bisa tercapai.”

Menurutnya, kolaborasi bank bjb dengan para petani / peternak pelaku UMKM menjadi bukti kepercayaan antara perbankan dengan pelaku usaha terkait pembiayaan sehingga bermanfaat meningkatkan penghasilan masyarakat.

Hal tersebut dibuktikan melalui kolaborasi bank bjb dengan pengusaha tambak udang, Aan Andriana di Kabupaten Pangandaran. Aan merupakan seorang pengusaha tambak Udang Vaname berpengalaman memulai usaha sejak 2002. Selain sebagai penambak mandiri, juga sebagai pembeli bagi penambak.

Selain itu, Aan juga sudah mendapatkan jalur pengiriman pesanan rutin dari beberapa restoran dan rumah makan di kota besar seperti Bandung dan Jakarta serta untuk tujuan ekspor ke Jepang.

“Program kemitraan bank bjb dengan Aan Andriana memiliki manfaat besar untuk kepastian penjualan budidaya Udang Vaname. Penambak bisa semakin memajukan perekonomian dan tidak perlu lagi memikirkan penjualan pasca panen,” kata dia.

Bank bjb  menilai terdapat juga potensi bisnis yang sangat menjanjikan dalam komoditi peternakan kelinci di Punclut, Kabupaten Bandung Barat dari sisi pembiayaan, simpanan, transaksi dan jasa keuangan lainnya. Diharapkan para dari kerjasama tersebut peternak kelinci bisa naik kelas.

Bank bjb juga melakukan kemitraan dengan 23 orang peternak sapi Cibugel dan Cijati dan tergabung dalam CV. Cemerlang Jaya Makmur yang mendirikan plasma-plasma peternakan sapi di Kabupaten Sumedang, hal ini juga dilakukan di beberapa kota lainnya seperti Karawang, Purwakarta, Garut dan Pangandaran.

Kemitraan ini diharapkan akan menghasilkan peternak-peternak unggulan yang turut membantu pengentasan kemiskinan serta mensukseskan program ekonomi nasional meningkatkan perekonomian masyarakat.

Bank bjb juga mendukung nelayan ikan terbang di Makassar Sulawesi Selatan dan pembudidaya sayur dan buah melon di Surakarta, Provinsi Jawa Tengah yang menerapkan system greenhouse sebagai resep sukses.

Pemberian modal kepada nelayan ikan terbang berupa perbekalan selama melakukan penangkapan telur ikan terbang yang pastinya membutuhkan operasional dan perbekalan yang cukup besar selama di laut lepas dan untuk setiap produk sayur dan buah melon berasal dari fasilitas greenhouse mutakhir, dengan metode 100% hidroponik, sehingga menghasilkan produk yang bersih, sehat, dan bebas dari endapan pestisida serta zat kimia lainnya.

Pola Kemitraan bank bjb

Pemimpin Divisi Kredit UMKM bank bjb Denny Mulyadi menjelaskan keberhasilan bank bjb dalam menjalankan amanat pemerintah khususnya dalam penyaluran KUR ini tidak terlepas dari strategi penyaluran kredit yang dilakukan melalui pola kemitraan.

Bank bjb selalu memposisikan nasabah sebagai mitra yang memiliki keinginan untuk bertumbuh dan berkembang bersama. Bank bjb juga melengkapi sokongan pendanaan dengan dorongan dalam bentuk edukasi dan pendampingan melalui Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu (PESAT) sebagai sarana peningkatan kapasitas usaha.

Bjb Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan kemudahan dalam mengembangkan usaha Anda,” kata Denny.

KUR bank bjb

Kredit Usaha Rakyat (KUR) bank bjb adalah fasilitas pinjaman dari bank bjb yang diberikan kepada pelaku usaha baik perorangan, badan usaha atau Kelompok Usaha dengan skala mikro kecil dan menengah (UMKM), yang telah menjalankan usahanya minimal 6 bulan.

Keunggulan KUR adalah suku bunga ringan hanya 6% per tahun dan bebas biaya provisi. Sedangkan plafon mulai dari Rp10 juta hingga Rp500 juta.

Syarat KUR bank bjb sangat mudah, meliputi Dokumen Identitas, Dokumen Usaha, serta Dokumen Agunan.

KUR bank bjb juga disalurkan dalam program Petani Milenial bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here