Peduli Korban Banjir, Dansat Brimob Jabar Dampingi Kapolda dan Gibernur Berikan Bantuan Sembako

0
14

Subang, bewarajabar.com – Selasa, 09/02/2021-Bencana banjir dan longsor melanda sejumlah daerah di sekitar Kabupaten Subang, akibat tingginya curah hujan dan meluapnya beberapa sungai di daerah tersebut selama dua hari terakhir.

Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., mendampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kapolda Irjen Pol. Ahmad Dofiri, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, Kepala Kejaksaan Tinggi Ade Adhyaksa dan Bupati Subang Ruhimat, langsung turun ke lokasi bencana banjir dan longsor untuk meninjau kondisi di lapangan.

Ditemui dilokasi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, peninjauan lokasi bencana dilakukan untuk memastikan skala prioritas penanganan yang harus dilaksanakan di lapangan.

Mengenai bencana longsor di Kampung Cimerta, Kelurahan Pasirkareumbi yang terjadi pada Ahad (7/2), Bupati Subang mengatakan selain karena kontur tanah yang labil, juga adanya penggunaan lahan yang tak sesuai AMDAL oleh salah satu pengembang (developer) perumahan di wilayah tersebut. Adapun pihak pengembang yang dimaksud, kini sedang dalam konfirmasi untuk dimintai keterangan lebih lanjut oleh dinas terkait.

Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri pun menyampaikan, “Kami berharap agar warga yang menjadi korban langsung bencana longsor maupun bencana banjir, mengungsi dan dimohon untuk bersabar selama proses penanggulangan yang saat ini sedang dilakukan”.

Bencana banjir di wilayah Subang sendiri diantaranya terjadi di Kecamatan Subang, Pagaden, Cibogo, Cipunagara, Compreng, Tambakdahan, dan Kecamatan Pamanukan.

Kecamatan lainnya yang diterjang banjir ialah Kecamatan Dawuan, Sukasari, Legonkulon, Pusakajaya, Pusakanegara, Ciasem, Blanakan, Patokbeusi, Pabuaran, Cipeundeuy dan Kecamatan Kalijati.

Banjir parah terjadi di sekitar Kecamatan Pamanukan ketinggian air ada yang mencapai 1 meter.

Selanjutnya Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., mendampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kapolda Irjen Pol. Ahmad Dofiri, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, Kepala Kejaksaan Tinggi Ade Adhyaksa memberikan bantuan sembako kepada korban banjir maupun longsor yang terjadi di Kab. Subang tersebut.

“Semoga bantuan sembako ini bisa bermanfaat bagi warga yang terdampak akibat bencana banjir dan longsor, kami akan terus berupaya mencari solusi yang tepat agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali di Indonesia khususnya wilayah Jawa Barat”, tutur Ridwan Kamil setelah membagikan bantuan sembako.

Ditempat yang sama, Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., juga mengatakan kepada media, “Benar Personel Brimob Polda Jabar di terjunkan langsung ketempat Lokasi Banjir dan longsor guna membantu masyarakat dalam evakuasi, Brimob Polda Jabar akan membantu sampai semua warga berada di tempat yang aman” imbunhya.

Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., menambahkan, “Kegiatan pengecekan dan pembagian sembako ini merupakan salah satu bentuk Bakti Brimob Polda Jabar untuk masyarakat dalam menghadirkan Negara di tengah – tengah masyarakat”.

“Ini merupakan wujud Bhakti Brimob Polda Jabar dalam hal ini di wilayah Subang, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta kedekatan emosional antara Brimob dengan masyarakat dalam mengatasi bencana ″, pungkas Kombes Pol. Yuri Karsono.**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here