Lakukan Pencarian di Malam Hari, Team SAR Brimob Jabar bersama Basarnas evakuasi Korban Bencana Tanah Longsor Cimanggung, Sumedang

0
4

Sumedang, bewarajabar.com. – Di Hari yang ke-8, Tim SAR Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Jabar kembali menemukan korban bencana Tanah Longsor di wilayah Cimanggung Kabupaten Sumedang dan langsung melaksanakan Evakuasi. Pelaksanaan evakuasi korban bencana alam di wilayah hukum Polres Sumedang tersebut dilakasanakan oleh tim SAR Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Jabar yang dipimpin Aiptu Kosasih didampingi Danki Penugasan AKP Yadi Kusmayadi, S.H.

Lokasi tempat penemuan korban tanah longsor tersebut dimana bencana tersebut telah terjadi 8 hari yang lalu diakibatkan hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut.

Longsor yang terjadi Malam hari itu sekitar pukul 19.00 WIB tersebut menyebabkan material Longsor menutupi seluruh bagian pemukiman penduduk lebih kurang 40 meter dengan ketinggian tanah mencapai 5 sampai 6 meter dan menelan korban jiwa kurang lebih 25 orang telah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia dan 16 orang masih dalam pencarian.

Saat ini pencarian sedang dilaksanakan hingga pukul 23.00 WIB dan akan dilanjutkan keesokan harinya untuk pencarian korban bencana tanah longsor di wilayah Cimanggung Kabupaten Sumedang tersebut.

“Alhamdullilah sampai saat ini korban jiwa yang telah ditemukan bertambah menjadi 25 orang, saat ini kami bersama pihak Basarnas dan Potensi SAR lainnya menghentikan pencarian terlebih dahulu mengingat hari sudah malam dan akan dilanjutkan keesokan harinya, mudah-mudah korban tanah longsor ini dapat kembali ditemukan dengan bantuan alat berat” ungkap Aiptu Kosasih.

Sementara itu, Komandan Satuan Brimob Polda Jawa Barat Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., mengatakan “Kegiatan yang dilaksanakan anggotanya merupakan bentuk bakti Brimob untuk masyarakat berupa kesiapan personil dalam menghadapi setiap bencana yang terjadi di wilayah hukum Polda Jawa Barat, kami juga akan mengirimkan personil tambahan atau susulan manakala di lokasi bencana tersebut membutuhkan banyak personil”. Imbuhnya.

Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., menambahkan “kegiatan evakuasi ini merupakan salah satu bentuk Bakti Brimob Polda Jabar untuk masyarakat dalam menghadirkan Negara di tengah-tengah masyarakat”.

“Ini merupakan wujud Bhakti Brimob Polda Jabar dalam hal ini di wilayah Sumedang, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta kedekatan emosional antara Brimob dengan Masyarakat dalam Penangana Bencana ″, ujarnya Kombes Pol. Yuri Karsono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here