Curah Hujan Tinggi, Tim SAR Brimob Jabar Cek Kontrol Debit Air Dan Kondisi Sungai

0
5

Cirebon, bewarajabar.com – Kompi siaga SAR Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar yang dipimpin Danki 1 Iptu Diding Sunandi selaku kompi yang disiagakan di Mako Talun, dalam kegiatan siaga tersebut jajarannya melaksanakan pengecekan debit air sungai dan kondisi daerah aliran Sungai Cipager yang tepatnya berada di Kec. Talun Kabupaten Cirebon hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi terjadinya bencana banjir akibat tingginya curah hujan yang merata yang terjadi dalam beberapa hari ini di wilayah 3 Cirebon.

Iptu Diding Sunandi menyampaikan, bahwa kegiatan pengecekan yang dilakukan oleh para personil Kompi 1 di Sungai Cipager yang mengalir di beberapa desa yang ada di Kabupaten Cirebon seperti Desa Wanasaba Kidul dan Desa Cirebon Girang ini adalah guna mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa saja terjadi seperti bencana banjir bandang dan juga tanah longsor.

Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., saat dihubungi di kantornya menyampaikan bahwa “personil Brimob Jabar selalu siap siaga dalam menangani segala kemungkinan potensi bencana yang kapan saja bisa terjadi khususnya di Jawa Barat, dengan kondisi musim yang masih extrem hingga saat ini Satuan Brimob Polda Jabar tetap menyiagakan Tim SAR di masing – masing Batalyon sesuai dengan zona backupnya, bencana seperti tanah longsor, kebakaran hutan, dan banjir bandang bisa kapan saja terjadi. Untuk itulah disiagakan Tim SAR di tiap – tiap Batalyon , sehingga apabila ada kejadian yang mendadak personil bisa dengan cepat untuk digerak kan”, jelas Dansat.

“Kegiatan pengecekan dan kehadiran tim siaga SAR Brimob Polda Jabar ke beberapa wilayah yang tinggi potensi bencana ini merupakan salah satu bentuk kesiapan Satuan Brimob dan juga bentuk bakti Brimob Polda Jabar kepada masyarakat, sehingga dengan adanya kegiatan ini diharapkan warga masyarakat bisa merasa aman, dan nyaman saat beraktifitas, dan juga terjalin sinergi antar instansi dalam penanganan bencana yang ada di Indonesia”.

Dalam kegiatan pengecekan ini Briptu Lutfi dan Bharatu Agus juga mengingatkan, kepada warga masyarakat yang bermukim atau tinggal serta mayoritas melaksanakan aktifitasnya sehari – hari di sekitar daerah aliran sungai Cipgaer, untuk senantiasa tetap waspada terhadap kemungkinan bencana yang kapan saja bisa terjadi.

Kami selaku anggota Polri dan Brimob Polda Jabar khususnya akan selalu siap untuk melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat sesuai dengan moto tugas Satuan Brimob yaitu Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan.**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here