Antisipasi Terjadinya Banjir, Tim Patroli SAR Brimob Jabar Cek Kondisi Sungai Di Kecamatan Talun

0
5

Kab.Cirebon, bewarajabar.com – Selasa, 27/04/2021 – Tim patroli SAR jajaran Kompi 1 Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar yang dipimpin Bripka Randy Simarmata laksanakan pengecekan debit serta ketinggian dan arus air, kegiatan ini dilaksanakan di aliran Sungai Cipager Desa Wanasaba Kidul Kec. Talun Kabupaten Cirebon. Ini merupakan langkah antisipasi dan juga pencegahan terhadap bencana banjir akibat luapan dari sungai cipager yang melewati beberapa desa yang ada di Kabupaten Cirebon ini.

Perlu diketahui bersama, untuk saat ini kondisi dan juga keadaan beberapa anak sungai yang berada di wilayah Kabupaten Cirebon ini khususnya, kondisinya bisa dibilang cukup baik tidak terlihat terjadinya pendangkalan yang bisa menyebabkan luapan air apabila hujan dalam intensitas tinggi atau sedang terjadi di wilayah ini. Hanya saja di beberapa bagian sungai masih terlihat adanya tumpukan sampah, hal ini lah yang kita khawatirkan dapat menghambat laju air sehingga menyebabkan banjir.

“Tumpukan sampah yang dibuang oleh masyarakat ini lah yang dikhawatirkan bisa menimbulkan terjadinya banjir apabila hujan turun secara mendadak. Jika tidak ada kepedulian dan juga langkah antisipasi dari masyarakat bukan tidak mungkin apabila hujan turun dalam intensitas yang tinggi di Kabupaten Cirebon ini bencana banjir mungkin saja bisa terjadi”, jelas Bripka Randy.

Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsoni, S.I.K.,  menyampaikan “Sebagai bentuk kepedulian dan juga kesiapan Satuan Brimob Polda Jabar terhadap tanggap bencana juga peduli akan keselamatan warga masyarakat Jawa Barat khususnya yang tinggal di sepanjang aliran sungai yang rawan akan terjadinya banjir saat musim penghujan, jajaran akan terus meningkatkan kegiatan patroli SAR demi terciptanya rasa aman dan nyaman di tengah masyarakat”, ungkap Yuri.

Bripka Randy menyampaikan, kedepan akan kami agendakan kegiatan membersihkan sungai bersama – sama dengan warga masyarakat dalam rangka mengantisipasi terjadinya banjir dan juga menjaga kelestarian dan kebersihan daerah aliran sungai. Selain itu mengingat beberapa waktu belakangan ini intensitasnya cukup tinggi, adanya tumpukan sampah ini apabila tidak dibersihkan dikhawatirkan akan mengganggu laju air sehingga nantinya meluap.

“Mari kita bersama – sama menjaga dan peduli terhadap kondisi serta kebersihan lingkungan sepanjang aliran sungai, hal ini dilakukan tak lain adalah demi meminimalisir potensi bencana yang mungkin saja terjadi. Satuan Brimob Polda Jabar akan selalu siap dan siaga, untuk mengerahkan personil apabila sewaktu – waktu dibutuhkan dalam penanganan banjir di Kabupaten Cirebon ini,” ungkap Bripka Randy **

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here