Antisipasi Bencana Alam, Brimob Polda Jabar Gelar Apel Pasukan Dan Perlengkapan

0
5

Kab. Sumedang, bewarajabar.com – Kamis 11/02/2021- Wadansat Brimob Polda Jabar Akbp Agung Danargito, S.I.K., M.Si., mewakili Dansat Brimob Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., memimpin apel kesiapan personel, kendaraan dinas dan perlengkapan di lapangan hijau Mako Satuan Brimob Polda Jabar, di Desa Sayang, Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang, sedangkan diluar wilayah Sumedang dilaksanakan di masing – masing Mako Batalyon maupun Kompi.

Pada kesempatan tersebut Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., melalui Wadansat mengatakan kepada jajaran, “Apel siaga ini bertujuan untuk mempersiapkan personel Brimob dalam mengantisipasi bencana alam dan situasi keamanan, ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Indonesia khususnya wilayah Jawa Barat”.

“Kita tahu akhir – akhir ini telah terjadi banyak bencana dan gangguan Kamtibmas lainnya di berbagai wilayah Indonesia termasuk Jawa Barat. Untuk itu, Personel Brimob Polda Jabar agar selalu memonitor perkembangan situasi Kamtibmas disekitar dan harus siap digerakan sewaktu – waktu apabila dibutuhkan”.

Dalam arahan apel tersebut, Agung Dabargito juga mengingatkan personel agar tidak pernah berhenti untuk mengingatkan protokol kesehatan kepada masyarakat di sekitar.

Sekarang ini di berbagai wilayah Indonesia telah menerapkan sistem Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berarti semua kegiatan di masyarakat harus dikurangi, guna mencegah penyebaran Covid-19 semakin merajalela. Maka sebagai anggota Polri khususnya Satuan Brimob sudah kewajiban kita untuk menjadi pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, agar tetap terciptanya rasa aman dan nyaman dengan memberikan pengertian untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.’

“Diantaranya menggunakan masker apabila harus bepergian keluar rumah, mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir sebelum dan setelah beraktifitas, menggunakan hand sanitizer, jaga jarak aman dengan orang lain minimal 1 – 2 meter (Physical Distancing), hindari keramaian (Social Distancing) atau tempat yang memungkinkan terdapat kerumunan orang banyak”, tuturnya.

Selesai memimpin apel, Wadansat Brimob mengecek seluruh kendaraan dinas yang akan digunakan dalam pelaksanaan tugas terutama kendaraan yang dipersiapkan untuk kegiatan SAR karena saat ini wilayah Jawa Barat sedang mengalami berbagai musibah diantaranya bencana longsor dan banjir.

“Kendaraan yang akan dipakai harus di cek semaksimal mungkin, jangan sampai pada pelaksanaan tugas nanti kendaraan yang dipakai malah menjadi hambatan, terutama kendaraan dan peralatan SAR yang sangat penting digunakan dalam penanggulangan bencana alam”, tutur Agung kepada jajaran.**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here